Menjaga Kelestarian Alam
Nenek moyang "karuhun" Sunda telah memiliki
kearifan dalam penataan lingkungan (ekologi). Salah satu contoh yaitu orang
Rawayan (Baduy) adalah salah satu sisa-sisa karuhun Sunda jaman dahulu yang
dikenal kuat memegang prinsip adat. Mereka memiliki kearifan ekologis yang
tercermin dari pegangan hidup mereka, yaitu seperti ungkapan berikut:
• Ngaraksa Sasaka Pusaka Buana mengandung makna, menjaga
warisan suci di atas bumi. Adapun yang dimaksud dengan "warisan suci di
atas bumi" adalah kelestarian alam yang masih terjaga. Tanah yang masih
tetap subur, sumber air yang belum tercemar, udara yang bersih, sehat, nyaman
belum terkena polusi, serta bumi yang masih terjaga keseimbangan ekologisnya.
Sasaka Pusaka Buana adalah buana bumi yang masih tetap layak, sehat, nyaman
untuk dihuni oleh manusia dan makhluk lainnya, yang kelak akan diwariskan
kepada anak cucu kita.
• Lojor teu beunang dipotong, pondok teu beunang disambung,
artinya: Panjang tak boleh dipotong, pendek tak boleh disambung. Ini adalah
esensi hidup dari konsep konservasi yang menyatakan menjaga dan melestarikan
kelangsungan proses perubahan alamiah secara wajar.
• Ngasuh ratu ngajayak menak, ngabaratakeun nusa teulu puluh
teulu, bagawan sawidak lima, panca salawe nagara. Maksudnya, sebagai warga
negara yang bertanggung jawab, paling tidak secara moril harus loyal kepada
pemerintah dan pimpinan negara, dengan berbagai upaya dan cara. Begitu pula
para pemimpin bangsa dan masyarakat. Dalam upaya menjaga kewajibannya dan
menghindarkan diri dari tindak nista tercela, perlu ikut mendukung dengan
keteladanan. Secara spiritual, dengan berdoa dan bertapa, agar negara dan
bangsa senantiasa selamat sejahtera, aman damai abadi. Terhindar dari segala
macam bencana dan malapetaka. Dalam bahasa Jawa, sikap itu dirangkum dalam
kredo: "Memayu rahayuning bangsa, memayu rahayuning buwana"
(mengupayakan kesejahteraan bangsa, mengupayakan perdamaian dunia).
• Mipit kudu amit, ngala kudu menta (memetik harus permisi,
mengambil mesti meminta). Jika prinsip ini dipadukan dengan prinsip "lojor
teu beunang dipotong, pondok teu beunang disambung", maka prinsip orang
Rawayan untuk menjaga kelestarian alam merupakan prinsip yang lengkap, utuh,
dan serasi.
Dengan mematuhi prinsip itu orang Rawayan menerima alam
menurut kondisi kodrati. Mereka tabu untuk mengubah wajah atau permukaan bumi.
Oleh karena itu, dalam menentukan lokasi rumah, kampung, desa, atau lahan
pemukimannya, mereka memiliki salah satu alternatif dari beberapa macam lahan
yang bersifat baik dan layak huni.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar